Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

1 min read

cek cari nisn siswa

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah kombinasi angka unik yang diberikan oleh pihak sekolah kepada setiap siswanya. NISN mulai diberikan kepada siswa dari SD, SMP, dan SMA. NISN sendiri memiliki sifat permanen alias angka tersebut tidak akan berubah mulai dari jenjang pendidikan SD hingga SMA.

Cek NISN Siswa

Jika anda sudah terdaftar dan ingin mengecek NISN milik anda, anda cukup mengikuti langkah langkah sebagai berikut:

  1. Masuk ke website NISN resmi di website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang beramatkan di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
  2. Ada 2 opsi untuk mencari atau mengecek NISN anda yaitu melalui opsi “Pencarian Berdasarkan NISN” dan “Pencarian Berdasarkan Nama”
  3. Jika anda menggunakan opsi pertama anda cukup memasukkan NISN anda dan nama ibu kandung anda
  4. Sedangkan jika anda memilih opsi kedua anda harus memasukkan Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir dan Nama Ibu.

Belum Punya NISN?

Jika anda tidak tau NISN anda atau merasa tidak memiliki NISN maka di anjurkan untuk melakukan tahapan tahapan berikut. Tapi sebelum melakukan panduan di bawah ini dianjurkan melakukan pengecekan lebih dahulu seperti langkah yang sudah di sebutkan di atas di atas.

  • Jika data NISN siswa tidak ditemukan, silakan mendownload (mengunduh) Formulir Peserta Didik (F-PD) dan formulir A.1 bagian pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru pada situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id melalui menu FORMULIR PENGAJUAN.
  • Setalah mendownload formulir-formulir tersebut, silahkan di print/di cetak.
  • Isi secara manual formulir-formulir tersebut dengan data data anda.
  • Menyerahkan kepada operator NISN/NPSN sekolah dimana siswa berasal.
  • Bagi pihak sekolah dapat mengirim formulir A.1. tersebut ke PDSP melalui email : [email protected] untuk diberikan NISN.

Mengganti Data NISN

Kadang kala untuk pendataan NISN masih terjadi kesalahan, sehingga harus di perbaiki supaya tidak terjadi ketidak akuratan untuk kebutuhan siswa di jenjang sekolah berikutnya. Jika ingin melakukan penggantian data berikut ini adalah tahapan tahapan yang harus anda kerjakan.

  • Silakan mendownload (mengunduh) formulir A.3. di bagian Pengajuan Perbaikan Biodata Siswa di situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id  pada menu FORMULIR PENGAJUAN.
  • Setelah di download,kemudian formulir formulir tersebut di cetak atau di print.
  • Isi formulir yang sudah di cetak dengan pembaruan data anda yang benar.
  • Menyerahkan kepada operator tingkat sekolah dimana NISN tersebut di terbitkan atau sekolah dimana siswa tersebut berasal.
  • Selanjutnya sekolah dapat mengirimkan formulir yang sudah diperbaiki tersebut ke  PDSP melalui email : [email protected]

Kartu NISN Hilang

Kehilangan/kerusakan bisa terjadi kepada siapa saja.Misal terjatuh atau bisa saja terbakar.Solusi untuk ini adalah melaporkan ke operator NISN/NPSN sekolah dimana NISN tersebut diterbitkan.

Data NISN Double

Kesalahan seperti ini kerap kali masih di temui dalam data NISN. Untuk solusinya sendiri ada 2 macam di antaranya:

  1. Jika ada 2 NISN, maka yang di pakai adalah nomor induk yang angkanya paling kecil
  2. Opsi kedua adalah dengan cara melapor ke operator NISN di sekolah siswa berasal.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *