Cara Screenshot Laptop atau PC

2 min read

cara-screenshot-laptop

Mengambil gambar atau proses screenshot laptop maupun layar komputer (PC) adalah proses di mana kita melakukan capture atau meng-copy layar yang sedang aktif di sistem operasi perangkat kita dan kemudian di pastekan di software editor seperti Paint, Adobe Photoshop, Corel Draw maupun di  Microsoft Office.

Untuk proses screenshot laptop ini tergolong sangat mudah sekali untuk di lakukan karena tidak memerlukan keahlian khusus. Berikut adalah cara melakukan screenshot laptop atau pada layar komputer (PC):

Screenshot Laptop atau Komputer Secara Manual (Tanpa Software / Aplikasi)


Kombinasi Logo Windows + Print Screen (Prt Sc)

cara screenshot layar komputer

Jika anda menggunakan sistem operasi Windows 8, Windows 8.1 atau Windows 10, anda bisa menggunakan kombinasi keyboard dengan menekan tombol yang berlogo Windows dan Print Screen ( Prt Sc ) secara bersamaan . Anda akan melihat layar aktif berkedip sebentar. Layar yang berkedip menandakan bahwa layar andasudah sukses terekam / screenshot sudah berhasil.

Hasil tangkapan layar ( screenshot ) laptop atau komputer anda akan otomatis tersimpan di folder “C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots”

Menggunakan Tombol Print Screen ( Prt Sc ) Saja

Selain cara di atas, anda yang menggunakan sistem operasi  Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10 juga bisa melakukan screenshot layar laptop atau komputer hanya dengan menekan tombol Print Screen ( Prt Sc ) saja . Dengan cara ini, tombol Print Screen bekerja sebagai fitur copy layar yang kemudian bisa anda pastekan ke dalam software editor seperti Paint , Adobe Photoshop , Corel Draw maupun di  Microsoft Office

Kombinasi Tombol Alt + Print Screen ( Prt Sc )

Cara ini sebenarnya sama dengan metode screenshot layar sebelumnya. Ketika anda menekan kombinasi tombol Alt+Print Screen, dan mem-Paste-kan screenshot yang telah diambil ke software editor seperti Paint , Adobe Photoshop , Corel Draw maupun di  Microsoft Office .

Metode yang menggunakan kombinasi antara tombol ALT dan tombol Print Screen ( Prt Sc ) ini hanya mengambil screenshot dari jendela / layar yang aktif saja. Sedangkan untuk taskbar dan yang lainnya tidak ikut terambil screenshot-nya.

Screenshot Laptop atau Komputer Menggunakan Aplikasi / Software


Untuk kali ini kita akan di bantu oleh aplikasi atau software screenshot baik dari bawaan sistem operasi Windows sendiri maupun memakai aplikasi screenshoot layar dari pihak ketiga. Berikut ini beberapa aplikasi yang akan di ulas di artikel ini di antaranya :

Aplikasi Snipping Tool : Tool Screenshot Tersembunyi Bawaan Windows

Screenshot Layar Komputer-Bawaan-Windows Snipping Tool-1024x576

Snipping Tool ini sebenarnya sudah di hadirkan mulai di versi Windows Vista , akan tetapi sepertinya banyak yang tidak mengetahuinya aplikasi screenshot layar laptop bawaan yang sudah di sematkan di Windows ini.

Dengan Snipping Tool ini anda bisa mengambil screenshot :

  • Seluruh layar laptop/PC
  • Window yang sedang terbuka / aktif
  • Bagian layar yang diinginkan (rectangle dan free-form)

Cara mengoperasikannya pun cukup mudah. Anda hanya butuh membuka aplikasi ini di menu program kemudian anda bisa mengetikkan kata kunci Snipping Tool di kotak pencariannya. Setelah aplikasi Snipping terbuka anda bisa memilih jenis screenshot layar yang anda inginkan misalnya : Free Form Snip , Rectangular Snip , Windows Snip dan yang terakhir adalah Full Screen Snip. Fitur ini bisa di temukan di menu new > opsi screenshot yang diinginkan, apakah Free-form, Rectangular, Window maupun Full-screen / layar penuh.

Aplikasi Screenshot PicPick

aplikasi screenshot picpick-1024x542

Aplikasi screenshot dari pihak ketiga ini terbilang cukup lengkap fiturnya. Aplikasi PicPick menyediakan image editor bawaan dan fitur fitur lainnya akan membantu anda untuk mengambil gambar atau screenshot layar laptop atau komputer anda.  Aplikasi screenshot ini sangat cocok untuk anda yang ingin membuat sebuah tutorial di blog maupun ebook. Setelah mengunduhnya anda hanya perlu menginstalnya seperti proses instalasi aplikasi lainnya.

Aplikasi Screenshot LightShot

aplikasi screenshot lightshot-1024x640

Aplikasi screenshot  LightShot ini bisa di bilang sangat simple dan mudah di gunakan. Ukuran filenya bahkan kurang dari 5 MB dan sudah di lengkapi fitur  screen capture mode Region. Bagi anda yang tidak ingin ribet dalam melakukan screenshot layar laptop atau komputer anda bisa mencoba aplikasi yang mempunyai ukuran yang mungil ini. Cara mengoperasikannya pun terbilang cukup mudah.  Aplikasi screenshot Lightshot ini tidak memiliki interface, untuk men-capture kamu tinggal pencet tombol Print Screen ( Prt Sc ) atau bisa juga melalui menu aplikasi yang sudah tersedia di System Tray.

Demikian ulasan tentang cara screenshot laptop maupun pada layar komputer (PC). Anda bisa memilih 2 opsi di atas yakni memakai metode manual ( kombinasi tombol keyboard) maupun menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti PicPick maupun Lightshot. Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi screenshot dari pihak ketiga yang bisa di gunakan. Tapi kami merekomendasikan 2 aplikasi screenshot di atas sebagai penunjang kebutuhan anda untuk melakukan screenshot layar pada komputer maupun laptop. Semoga bermanfaat

Cara Screenshot Laptop atau PC
5 (100%) 1 vote
1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *